DALI Diminati (Juga) oleh Guru SLTP

Pelan namun pasti, penyebaran virus Developing Active Learning with ICTs atau yang sering disebut DALI di Jawa Tengah mulai meluas. Pada tanggal 22-23 November 2010 DALI didiseminasikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus  untuk 100 guru SD di gugus non binaan DBE 2. Kemudian, pada tanggal 1-3 Desember ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Blora juga meminta DBE 2 untuk melatihkan pembelajaran berbasis TIK. Sudah barang tentu, DALI menjadi paket yang diberikan kepada mereka.

Mengapa pelatihan ini diadakan? Disdik Blora memandang pentingnya seluruh guru di Blora, baik tingkat dasar maupun menengah, untuk menguasai  Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK.  “Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, mau tidak mau guru harus mulai berbenah diri dengan mempersiapkan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang TIK”, demikian pernyataan Winoto, SH., Kepala Disdik Blora dalam sambutannya di pembukaan pelatihan. Lebih dari itu, kepala dinas berharap dengan semakin meningkatnya perhatian pemerintah pada kesejahteraan guru, maka konsekuensinya guru  harus terus berbenah meningkatkan profesionalitasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Blora, Winoto, S.H sedang memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Blora, Winoto, S.H sedang memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan

Yang menarik, peserta pelatihan kali ini adalah guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang berjumlah 75 guru. Mereka terdiri dari guru mata pelajaran IPA dan Matematika. Bertindak sebagai fasilitator dalam pelatihan ini adalah, Carwoto, ICT Coordinator dan saya sendiri, Khusnul Aflah, selaku ICT Assistant DBE 2 Jawa Tengah.””

“Ini adalah kali pertama (di Jawa Tengah) DALI dilatihkan untuk guru SLTP.  Selama ini kita melatihkan DALI untuk guru SD, oleh karena itu butuh sedikit penyesuaian materi  agar DALI ini juga mudah diterapkan pada mata pelajaran yang mereka ampu”, papar Carwoto. Selain itu, ia mengungkapkan bahwa prinsipnya sama, DALI dilatihkan untuk guru jenjang apapun, hanya memang butuh kecermatan lebih dari peserta agar bisa mengadopsi model dan strategi yang dikenalkan di pelatihan ini.

Upaya keras fasilitator dan dukungan panitia (Disdik), ternyata memang peserta tetap antusias dan sangat senang mengikuti pelatihan ini.  Suhengrin misalnya, mengaku sangat senang mengikuti pelatihan ini. “Pola dan metode yang digunakan fasilitator menarik seluruh peserta untuk tetap aktif”, papar Guru SMP Doplang itu.

Selaku fasilitator, Carwoto, membantu peserta mengatasi persoalan dalam kelompok

Selaku fasilitator, Carwoto, membantu peserta mengatasi persoalan dalam kelompok

Dari sisi materi pelatihan, DALI memberikan banyak model dan strategi pemanfaatan perangkat TIK terbatas untuk mendukung pembelajaran aktif. “Terus terang saya baru sadar, ternyata banyak sekali cara bagaimana komputer  atau perangkat TIK lain digunakan untuk mendukung pembelajaran yang tetap mendukung siswa aktif” demikian ungkap Drs. Yoko, guru SMP N 1 Banjarejo, yang sudah cukup lihai mengoperasikan komputer.

 

Winardi, S.Pd., sedang mengungkapkan harapan tentang tindak lanjut pelatihan saat penutupan pelatihan

Winardi, S.Pd., sedang mengungkapkan harapan tentang tindak lanjut pelatihan saat penutupan pelatihan

Kegiatan ini juga diliput oleh wartawan dari Suara Muria, Suara Merdeka Group. Di akhir pelatihan,  Winardi, S.Pd, mewakili peserta mengungkapkan harapan. “Setelah pelatihan ini, kami mohon ada tindak lanjut dari Disdik agar apa yang kami dapatkan dapat segera diterapnkan di sekolah”, demikian ungkap guru SMP N 1 Cepu ini. Ya, semoga ada tindak lanjut!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: