NACTI 2011, Lomba Guru untuk Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran

National Competition of Technology Integration 2011

Bagi para pendidik di Indonesia, ada ajang Lomba Guru yang patut Anda ikuti. Kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh EduPartner Institute dan Pazia Shop ini diberi nama NACTI (National Competition of Technology Integration). Kompetisi/lomba dengan tema “Fun and Creative with Information and Communication Technology in Your Classroom” ini melombakan karya kreatif guru dalam membuat media pembelajaran berbasis multimedia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1). melombakan karya kreatif tenaga pendidik berupa media pembelajaran dalam bentuk PowerPoint, baik yang menggunakan fitur Mouse Mischief atau tanpa menggunakan plug-ins ini, 2). mendorong inovasi dan kreasi guru dalam pemanfaatan perangkat TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam jumlah terbatas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan 3). Mempromosikan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan memanfaatkan TIK di kalangan tenaga pendidik.

Kompetisi ini diikuti oleh tenaga pendidik (guru) dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK dari seluruh Indonesia. Hasil karya guru yang berupa Media Pembelajaran dalam bentuk PowerPoint beserta RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang memuat media tersebut akan dinilai oleh para juri yang terdiri dari praktisi pendidikan dan pengembang bahan ajar multimedia yang berasal dari EduPartner Institute dan Pustekkom Kemdiknas.

Media pembelajaran PowerPoint yang dilombakan adalah media pembelajaran yang dipergunakan oleh guru di depan kelas dalam menyampaikan materi pelajaran (pada saat apresepsi, penjelasan teori/konsep, penjelasan aktifitas dan evaluasi) menggunakan LCD Proyektor (bukan merupakan media pembelajaran untuk belajar mandiri yang diperuntukkan bagi siswa). Media pembelajaran PowerPoint yang diikutsertakan dalam kompetisi digunakan dalam pembelajaran tatap muka di kelas dengan durasi maksimal 2 (dua) jam pelajaran. PowerPoint yang diikutsertakan dalam kompetisi dapat terdiri dari dua buah file (satu file merupakan slide presentasi dengan banyak media, sedangkan satu file lainnya merupakan slide yang menggunakan Mouse Mischief), serta mengintegrasikan banyak media/multimedia (teks, gambar, suara, animasi interaktif dan video), serta memasukkan unsur interaktifitas (penggunaan action pada tombol, hyperlink, dsb). Selain itu produk slide PowerPoint dapat pula mengintegrasikan aplikasi MouseMischief untuk menambah interaktifitas. Media PowerPoint yang dilombakan serta aktifitas yang dipaparkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mendorong para siswa untuk aktif, , bekerjasama, berkreasi, merangsang untuk berfikir tingkat tinggi (high order thinking), bersifat kontekstual dan mempromosikan atmosfer pembelajaran yang menyenangkan.

Kompetisi ini akan berlangsung dari tanggal 27 Februari – 30 April 2011, sedangkan pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 17 Mei 2011. Kegiatan kompetisi ini dilaksanakan secara online, para peserta lomba cukup mengupload materi lomba (Materi presentasi multimedia interaktif dengan PowerPoint beserta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP yang memuat media pembelajaran tersebut).

Kriteria Penilaian didasarkan pada 1). Aspek artistik/keindahan, 2). Aspek teknis dan integrasi multimedia, 3). Aspek tujuan pembelajaran (kesesuaian dan ketercapaian), 4). Aspek strategi pembelajaran, 5). Dan Aspek kompetensi (kognitif, afektif dan psikomotorik) serta 6). Aspek kreativitas, keunikan dan integrasi nilai kebudayaan lokal.

Proses penilaian akan melalu beberapa tahap, yaitu seleksi syarat administratif, seleksi finalis dan seleksi juara. Pengumuman peserta akan dilakukan secara online, sedangkan hadiah dapat langsung diambil di sekretariat atau dikirim via pos (untuk pemenang diluar kota Semarang). Kegiatan yang berskala nasional ini akan menyediakan piala dan sertifikat dari dinas pendidikan, serta hadiah yang menarik dari para sponsor. Selain mendapatkan hadiah dan penghargaan, para guru yang menjadi pemenang (juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 masing-masing untuk level SD, SMP dan SMA/SMK) dan peserta lainnya yang mampu menghasilkan karya-karya yang inovatif, kreatif dan berbobot, akan mendapatkan kesempatan karyanya diterbitkan dalam bentuk CD Multimedia Interaktif oleh PT. Kandel dengan bimbingan lebih lanjut oleh EduPartner Institute. Selain itu karya bahan ajar multimedia beserta RPP akan dipublikasikan dalam website pustaka digital “Kubuka.Net”.

Untuk mengikuti kompetisi nasional ini, para peserta dapat mendaftarkan diri secara online di alamat http://nacti.net. Sedangkan biaya pendaftaran kompetisi adalah sebesar Rp.50.000 untuk setiap produk yang dilombakan. Masing-masing peserta dapat mengikutsertakan dan mengirimkan lebih dari satu produk media pembelajaran. Selamat berkompetisi!

Satu Tanggapan

  1. Ini merupakan ajang lomba guru yang sangat menarik bagi guru yang kreatif dan inovatif selamat berlomba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: