Tentang Kami

Apa Kabar PSBG ini sengaja dibuat sebagai wadah berbagi informasi tentang perkembangan PSBG di seluruh daerah di Indonesia. Dari kita, oleh kita, untuk kita. Silakan kirim informasi berkaitan dengan pengembangan PSBG di daerah Anda, terutama tentang berita kegiatan, kesulitan yang dihadapi, hasil yang telah dicapai, dukungan dan peran serta informasi lainnya. Jangan lupa untuk menyertakan 1-2 foto yang berkaitan dengan informasi tersebut sebagai pelengkap.

Tentang Program DBE (Decentralized Basic Education)

Program Desentralisasi Pendidikan Dasar (DBE) ialah program kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat. Program ini merupakan payung kerjasama antara Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) dan USAID. Tujuan dari program ini ialah peningkatan kualitas pendidikan dasar di Indonesia melalui tiga komponen kegiatan yang saling berintegrasi, yaitu: 1) desentralisasi manajemen dan tata pelayanan pendidikan yang lebih efektif (DBE1), 2) peningkatan kualitas belajar mengajar (DBE2), serta 3) peningkatan relevansi pendidikan menengah dan pendidikan luar sekolah melalui kecakapan hidup dan keterampilan vokasional (DBE3).

Area yang dicakup Program Desentralisasi Pendidikan Dasar USAID/Indonesia (Program DBE) ialah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Banten, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. Program ini berlangsung mulai tahun 2005 sampai 2010 dan diharapkan akan membantu meningkatkan pendidikan untuk lebih dari 2.400 sekolah dan lebih dari 250 ribu siswa di 100 kabupaten/kota. Program DBE tersusun atas 3 komponen, yaitu DBE1, DBE2, dan DBE3

Tentang DBE2

Secara prinsip, target DBE2 diberikan untuk masyarakat dan sekolah yang kurang beruntung, para guru, siswa, serta proses pembelajaran yang kreatif. Kegiatan DBE2 mencakup training berbasis gugus, lingkungan pembelajaran yang aktif dan partisipatif, pengkajian performa pendidikan, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

25 Tanggapan

  1. PSBG dapat berkembang dengan pesat jika didahului dengan niat yang tulus ikhlas untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan mengentaskan mental bangsa.

  2. Terima kasih, apa kabar PSBG.wordpress, berita Preliminary workshop PSBG Kohor2 Sul-Sel, telah dapat diakses. Semoga kawan-kawan dapat memberikan info yang terkini seputar PSBG. Kebetulan saya salah satu peserta workshop tersebut yang diselenggarakan di Kota Pare-Pare, Kota kelahiran teknorat dan birokrat Bpk. BJ.Habibie. Saat ini PSBG Karya Mandiri Guru Gugus 1 Mamajang Kota Makassar, siap online dan ontime melalui website ini, walau baru seumur jagung.

  3. Bagus dapat dijadikan tukar pendapat dalam mengkritisi dunia pddkan di tanah air kita

  4. Saya seorang praktisi di bidang pendidikan juga dan sekarang sedang mengembangkan ICT di SMA Negeri 2 Makassar. Saya membaca tentang DBE dan sangat tertarik bisa membantu.

    Saya sudah pernah bertemu dengan Mrs. Karin Johnson dari Save The Children dan membicarakan mengenai program One Laptop Per Child (OLPC)

    Apakah DBE juga ada rencana pengembangan sampai ke OLPC?

  5. Ya, dalam program kerjasama dengan Intel Education kita akan menuju kesana

  6. Satu bentuk kreatifitas yang hebat. Selamat blog ini keren. Salam dari saya di http://www.ardansirodjuddin.wordpress.com. Matur nuwun

  7. dh,…
    saya menemukan blog ini ketika istri saya yang guru sekolah dasar menanyakan rpp bahasa inggris, kemudian sepintas dari banner yang tertempel diatas dan isi blok ini saya jadi berfikir,… yah apa yang telah kita perbuat???

  8. Mantaps ini blog…emak gue seneng gak ketulungan….buat cari materi pembelajaran….@indiebrainer kapan kapan kita chat dunk via YM….

  9. dari Sliyeg:
    Saya mau titip salam buat Tutor Pelatihan Intel Teach dan Dali , P’yusuf, p’Agus, P’Heru u’re so cool with your glasses.. dont forget send SMS to Mr.Rifin Arifin , PA ASEP Indramayu Panas Ya….. Lebih Panas Lagi Kalau Malam………Haa…ha.
    Sebenarnya Pelatihan semacam itu sudah ada dalam Imajinasi saya…saya selalu menggali bentuk hiden Curriculum setiap mengajar, dqan pelatihan ICT dan DALI sekarang bukan lagi hayalan tetapi kenyataan, Harus Bisa REVOLUSI Dunia Pendidikan!!!! .Guru – guru yang sudah malas mengajar Pensiun lebih baik.apa lagi harus menggunakan ICT. meng Update pengetahuan pun tidak. mereka hanya bekerja datang jam 7 pulang jam 12 (sia sia uang Negara di hamburkan oleh guru semacam ini) ………..

    Alhamdulillah …
    di sekolah,Kami sudah menularkan Virus ICT dan Dali Ke teman sejawat kami dan responya luar biasa.
    Tinggal tunggu hasilnya…….

  10. Maju terus apakabarpsbg.wordpress.com. Terimakasih atas segala atensinya kepada admin,sesama penulis dan pengguna website/blog ini,semoga tulisan-tulisan yang ada,dapat memberi pencerahan untuk kemajuan bangsa di tengah-tengah kegelisahan sebagian diantara kita akan kualitas pendidikan saat ini.

  11. Salam buat semua guru yang nimbrung disini Especially for Mr Romyy Stven J.

    Akses pendidikan saat ini memang bukan hanya dapat diperoleh dari guru atau dosen. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi maka, sumber dan media pendidikan dapat diperoleh dengan mudah.
    Demikian juga untuk anak anak kita di SD akan sangat bagus jika dilengkapi dengan sarana belajar berbasis IT.

    Akan tetapi kendala yang dihadapi adalah seperti biasa adalah biaya.

    Sehingga melalaui kesempatan ini saya mohon rekan rekan guru especialy Mr Steven. Untuk membantu saya dalam mencarikan jalan agar disekolah kami dapat menyediakan layanan media IT

    MOHON INFORMASI YAYASAN YANG MUNGKIN DAPAT MEMBANTU KETERBATASAN KAMI

    OK BOSS SEKIAN DULU
    GRETING FOR ALL.
    GOOD LUCK

  12. Senang bisa mengetahui ada PSBG, saya saat ini di beri kepercayaan sebagai pelaksana harian sebuah yayasan pendidikan. Saat ini kualitasi guru2 tempat saya sangat rendah dibandingkan 7 th yg lalu, permasalahannya karena mereka tidak siap untuk berubah dan masih mengajar dengan model membentak, mencubit.

    Gimana caranya bisa ikut program PSBG untuk di kota makassar.

    Saya sangat membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

  13. Betul-betul mantap ! Saya suka mengikuti pelatihan-pelatihan DBE2 di kota Sibolga (North Sumatera), terutama DALI Workshop. Dan melihat blog ini saya jadi terinspirasi untuk membuat situs serupa untuk sekolah di mana saya bertugas. Thank’s again! Cherio!

  14. Bagi sekolah penerima DAK Pendidikan,apabila ada kesulitan dalam pengisian tinta/toner Printer Samsung ML 1640/ML 2010 bisa menghubungi Kami. Oh iya, kalau ada yang tahu Daftar Penerima DAK Pendidikan Kab.Jepara 2008 mohon di infokan ke Kami. di sionkwelahan@yahoo.co.id soalnya banyak yang kesulitan saat melakukan pengisian ulang Toner. Akan Kami ajari sampai bisa. Thanks………

  15. pak lik “gorra” mbok yao aku dikasih tau alamat2 web percobaan2 untuk unyil2 di sd yg njenengan jadixan materi waktu ws di purworejo dulu. soalnya aku butuh secara kilat. salam damai buat eperi bade, semoga rahmat selalu terguyurkan kepada anda semua, amien. buat pak lik gorra trims buanget.

  16. BUAT BUOS-BUOS YANG ADA DI ATAS SANA ………………………., ( TANPA ADA KECUALI, YANG BAIK ATI, YANG PENDIEM, YANG SUKA MARAH2, YANG COOL ABIEZ, YANG CUAKEPNYA MINTA-MINTA, YANG MUANCUNG KAYA STEPEN SI GELL, YANG CUANTIK DENGAN RAMBUT PENDEKNYA, YANG PENDEK DENGAN RAMBUT PANJANGNYA, YANG PAKAI TOPI TERUS, YANG PAKAI JILBAB TERUUUUS, YANG NGAPAX2, YANG INJIH-MBOTEN, YANG YES AND GOOD,… POKOKNYA 4 ALL AJA DECH ) TERIMA KASIH ATAS DATANGNYA DOOZ YANG GUEDHE2 DI PSBG KAMI, SEMOGA KAMI BISA MEMANFAATKAN INI SEMUA, AMIEN KARNA KAMIPUN TELAH SIAP UNTUK MENG-HIBAH-KAN SELURUH JIWA, RAGA, DAN KARSA YANG KAMI PUNYAI UNTUK GENERASI PENERUS BANGSA DEMI TERSELAMATKANNYA BANGSA TERCINTA ……………, INDONESIA…..MERDEKA.

  17. ni blog saya

  18. Bukan hanya blog nya pak Sulardi aja kaleee!!
    Ogut juga suka nimbrung, atuuh..!
    Soale…, di blog ini , mau nulis apa saja tentang pendidikan or kreatifitas guru kagak ade main sensor- sensoran…. Jadinya gue bisa bebas berekspresi and berlatih jadi wartawan…he…he…
    Thank kiu…..apakabarpsbg.wordpress.com.
    “Kamu selalu di hatiku……!”

  19. Alhamdulillah……saya sudah terlibat dalam pembuatan video pembelajaran untuk dbe2 sebagai sutradara (4 eps) dan modul yang ada dalam skenario saya informasikan ke sekolah sekitar lingkungan saya dan mereka ingin mencoba menerapkan disekolahnya… Sukses selalu….dan majulah pendidikan di INDONESIA.

  20. Dengan adanya PSBG guru jadi kreatif😀
    tapi jujur saya males ikut pas ada kegiatan di gugus saya😀
    soalnya males nulis-nulis dikertas trus banyak yang guru-guru sudah pengalaman😀
    Maklum saya kan pemula😦

  21. Ikut donk. . .
    saya guru SD dari Kalimantan,pengen nambah wawasan,

  22. Maju Terus USAID….
    Kibarkan Semangat Mu Untuk masa depan Anak_anak bangsa Ini…

    MIS PUI JATISAWIT LOR
    Kec. Jatibarang Kab. INDRAMAYU
    Jawa Barat

  23. Program DBE2 tetap eksis dan terprogram sampai saat ini. Rajin-rajinlah anda membaca blog ini, jika anda tidak rajin menulis. Insya Allah kalau anda rajin membaca,akan memacu anda untuk rajin menulis, dan jika anda rajin menulis maka yakinlah anda pasti rajin membaca!.

    Tetap semangat dan teruslah membaca!.

  24. Masing masing alat peraga yang dibuat atau telah ada apakah ada koordinator untuk memesan alat tersebut atau setidaknya alamat kantor pusatnya ?

    terima kasih

  25. terima kasih atas tulisannya ,,,,, namun bisakah diperbaiki link download rpp dan silabus SD nya yang di ziddu,,,karena sudah kadaluarsa dan tidak bisa diakses,,,,(delete by administrator) atau saya minta tolong untuk dikirimi rpp dan silabus semua mata pelajaran ke putu.wiyuna@gmail.com terima kkasih sebelumnya,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: