Alat Peraga Murah : Aku Butuh Air

Abdul Azis Mappata,Guru MI Yaspi Sambungjawa Makassar dengan hasil karyanya

Abdul Azis Mappata,Guru MI Yaspi Sambungjawa Makassar dengan hasil karyanya

Musim kemarau berkaitan erat dengan kekeringan dan krisis. Jangankan minyak, air saja mengalami krisis. Kondisi tersebut tidak melemahkan kreatifitas guru MI Yaspi Sambungjawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar (binaan DBE2-USAID) untuk membuat alat peraga yang murah atau tidak perlu mahal, bernama “Aku Butuh Air”, buah karya Abdul Azis Mappata,salah seorang guru di sekolah itu. Sebagai guru kelas awal yang melakukan pembelajaran tematik di kelas III, beliau memanfaatkan barang atau bahan bekas untuk dijadikan alat peraga, yang bertujuan agar murid-muridnya dapat mengetahui bahwa semua mahluk hidup membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya.

Alat dan bahan : gunting,pulpen/spidol,kardus,kawat,pipet,kaleng bekas (kaleng susu frisian flag) ,benang,bambu kecil,ember cat.

Cara Pembuatan :

  1. Buat motif daun pada kardus (ini dapat diganti dengan  daun yang asli dan mudah didapatkan, seperti daun Mangga).
  2. Tempelken pipet pada bagian bawah daun.
  3. Ikat kawat pada bambu untuk menempelkan daun.
  4. Ikat benang pada ujung tangkai daun kemudian hubungkan ke kaleng.
  5. Tempelkan bambu ke kaleng cat bekas sebagai penyangga pohon.
  6. Isi air di dalam kaleng bekas tadi,maka daun akan terlihat segar atau bergerak seolah sedang mekar.

Kegunaan Alat : untuk membuktikan bahwa tumbuhan adalah makhluk hidup yang memerlukan air (Tema Lingkungan).

Apakah Anda penasaran?, kalau penasaran silahkan mencoba. “I do, I understand”

27 Tanggapan

  1. menarik dan unik terus berkarya pak

  2. ” Wh oke jg ya kreatifitas guru yng satu ini,,,
    mudah-mudah kita bisa belajar ne dari apa yang di dapatkan oleh pak guru yng satu ini, N mudah2 ide bapak bisa lebih kretif lagi pak ya,,,,?

  3. thanks ya Rini atas komentarnya juga buat echa tq atas apresiasinya yang positif terus kunjungi blog kami

  4. bagaimana jika saya ingin menggunakan karya Bapak?? Bagaimana perizinannya??

  5. Silahkan saja pak tegar makin banyak yang gunakan makin senang artinya karya kami sdh bs bermanfaat bagi kita semua

  6. maaf….
    pipet yg digunakan dibwh daun jenis apa dan fungsinya untuk apa?
    trimakasih

    • pipet yang biasa dipakai kalo minum aqua gelas ,fungsinya sebagai tangkai daun yang ditusukkan kekawat dan dapat bergerak naik turun kemudian ujungnya diikat benang lalu dihubungkan kekaleng susu bekas yang nantinya jika kaleng diisi air maka daun akan bergerak naik seperti sedang mekar kembali

  7. izinkan saya mencoba di depan anak-anak ya pak,,, saya dari jawa barat,,,

  8. Mau nanya gimana caranx menulis di blog apa kabar psbg

    • Untuk menjadi penuls di blog apakabarpsbg mungkin terlebih dahulu harus menjadi anggota dbe bnaan USAID, lalu membuat blog di wordpress, terus terang saya belum terlalu tahu juga caranya, karena yang membuat tulisan ini adalah pak Amir Mallarangan , tapi kan anda sudah menulis di blog apakabarpsbg sekarang.

      • Paka Azis Mapata yang budiman,.Saya siap membantu Bapak untuk meneruskan bakat menulisnya di apakabar PSBG,Kunantikan kedatangannyadi kantor DBE2 SulSel,Jl.Buakana kav.A1 Makassar. Saya akan memberikan kursus kilat.Lebih cepat lebih baik,agar tulisan di blog apakabarapsbg tetap dilanjutkan!.

  9. Tidak di patenkan Pak ?

  10. terima kasih banyak pak Amir atas kesediaannya membantu saya ,adalah merupakan suatu kebanggaan bagi saya blla diundang kekantor DBE2 SulSel jalan Buakana insya Allah pak saya mau

    • kapan ada waktunya Pak Azis datang ke kantor atau saya yg ke PSBG?.

      • seandainya pak Amir berkenan memberikan kursus kilat melalui media ini akan lebih baik agar pak Ramli dan yang lainnya dapat mengetahuinya juga berhubung karena satu dan lain hal hingga saya belum bisa kekantornya pak Amir ,sekali lagi terima kasih pak Amir

      • Insya Allah saya akan cari waktu dan moment yg tepat untuk ini Pak. Terimaksih pak Azis atas segala dukungan dan kerjasamanya selalma ini..Teruslah membaca dan berkarya pak!. wassalam

  11. syukran pak Amir jazakumullah khairan katsiran

  12. pa saya membuat alat seperti yg bpk buat untuk tugas akhir saya dalam matakuliah pembelajaran Sains SD/MI. terimaksih bpk sudah membantu saya dan teman2 dalam mengerjakan tugas akhir. saya juga menulis blog dan mengupload foto alat peraga ipa saya yg sama persis dengan alat ipa punya bpk. kalo mau liat di http://dhiyarahmatika.blogspot.com/2011/01/alat-peraga-ipa.html

  13. pembaca yang budiman.. saya membutuhkan buku-buku bacaan apasaja untuk keperluan perpus takaan mini dikelas V jika ada mau menginfakkannya segera kirim ke Mi.Yaspi Sambung Jawa Jl.Baji bicara I no,4-5 Makassar Suawesi Selatan Indonesia e-mail azismapata@yahoo.co.id atas kesediaannya saya ucapkan terima kasih banuak jazakumullah khair

  14. kalau karya ilmiah buat anak sd kelas1 yang simple dan bahannya tidak repot apa ya pak? thanks

  15. Karya Ilmiah buat anak sd kelas 1 bisa tentang mahluk hidup manusia ,hewan atau tumbuhan

  16. hy pak, semoga pak terus berkarya ya,pak????
    bye dari siti nur aisyah murid pak

Tinggalkan komentar