Lokakarya Pengelolaan PSBG DBE2 Bandung Diikuti dengan Antusias

Tepuk sorai ceria peserta lokakarya pengelolaan PSBG DBE 2 Bandung memenuhi ruangan ketika salah satu regu lomba cerdas cermat memenangkan permainan lomba cerdas cermat yang mengawali kegiatan lokakarya tersebut. Kegiatan lokakarya pengelolaan PSBG yang dilaksanakan DBE 2 USAID propinsi Jawa Barat dan Banten berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Augustus 2008 di Hotel Topas, Bandung. Lokakarya ini diikuti oleh seluruh MTT (Master Teachers Trainer) yang bertanggung jawab terhadap PSBG kohor 2, Manajer PSBG dan keempat seksi fungsi PSBG, yaitu: Seksi fungsi Pertemuan. Pengembangan Profesional, Informasi dan Produksi.

Keceriaan wajah yang tampak pada peserta membawa angina segar dan semangat baru bagi keberlangsungan PSBG di masa yang akan datang. Keyataannya keberadaan PSBG di bawah binaan DBE 2 USAID memberikan suasana baru dan perubahan yang sangat berarti bagi guru dalam mengembangakan dan meningkatkan kemampuan profesinya, hal yang sama juga dirasakan oleh siswa.

Materi pelatihan yang disajikan mengedepankan pada bagaimana memasyarakatkan, mengelola, serta, memanfaatkan PSBG menjadi sebuah fasilitas pendukung pembelajaran yang berkelanjutan. Kegiatan pelatihan ini dapat membangun semangat serta daya kreasi dan inovasi, khususnya bagi para pengelola PSBG. Hal ini dibuktikan dengan beberapa produk yang dihasilkan dari kegiatan ini sangat variatif, kreatif, dan inovatif. Keberagaman pendapat dan produk yang dihasilkan juga mewarnai setiap sesi pelatihan, sehingga suasana pelatihan tampak sangat hidup dan dinamis. Hal yang sangat menarik bagi peserta adalah pada bagian pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai media pembelajaran. Dra. Martini, MT selaku penatar senior dari PUSTEKKOM Jawa Barat, ikut serta berpartisipasi kedalam lokarakarya ini, dimana beliau menjelaskan tentang manfaat Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional) bagi kegiatan belajar mengajar.

Selama ini pembelajaran yang dilakukan guru dikelas berlangsung secara konvensional, tetapi dengan adanya PSBG, guru lebih dibukkan matanya bahwa sesungguhnya pembelajaran aktf dengan memanfaatkan lingkungan, alat peraga murah, dan TIK yang dapat membuat siswa lebih bergairah dalam belajar.

Kegiatan lokakarya pengelolaan PSBG dirasakan sangat bermakna bagi seluruh peserta untuk kelangsungan proses belajar mengajar.(@gus)

Ditulis pada tanggal 7 Agustus 2008, oleh PSBG Flamboyan, Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: