Sambut Hibah Tahap 2 dan 3, PSBG Karya Mandiri Guru “Go International”

Hari Sabtu,tanggal 30 Agustus 2008 Pusat Sumber Belajar Guru (PSBG) “Karya Mandiri Guru” Gugus 1 Mamajang Kota Makassar selangkah lebih maju dengan memperkuat basis ICT-nya dari Telkomnet Instan menjadi Telkomnet Speedy. PSBG ini merupakan salah satu hingga saat ini yang terkoneksi dengan jaringan internet diantara 18 PSBG yang tersebar di cohort 1 dan 2 binaan DBE2 USAID Propinsi Sulawesi Selatan.

Pasca lokakarya “Pengelolaan PSBG” yang berlangsung di kabupaten Pangkep dan Maros, tanggal 27 sampai 29 Agustus lalu, Ibu Wilis Sri Suprapti, S.Pd selaku Ketua Gugus dan Kepala SD Inpres Bertingkat Mamajang III Kota Makassar mengungkapkan “Peningkatan kapasitas guru dalam penguasaan ICT perlu didukung dengan perangkat teknologi yang representatif agar akses berjalan dengan baik. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini,mutlak diperlukan bukan hanya kalangan guru,lebih dari itu kepala sekolah juga wajib menguasainya”.

PSBG Karya Mandiri Guru yang terletak dijantung Kota Makassar, membuat terobosan untuk selangkah lebih maju menuju PSBG yang profesional, mandiri dan akuntabel, agar PSBG dapat “Go International”. Kehadiran Telkomnet Speedy diharapkan memberikan konstribusi bagi pengguna PSBG (Guru dan Kepala Sekolah) binaan untuk memanfaatkan semaksimal mungkin mengakses informasi terkini, bahan ajar dan mengadopsinya di dalam kelas untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Samsuddin, S.Pd, Ketua PSBG “Karya Mandiri Guru”, disela-sela pemasangan Telkomnet Speedy di PSBG-nya menuturkan “Selain untuk meningkatkan kapasitas pengurus dan pengguna PSBG,kehadiran jaringan internet ini adalah sebagai perwujudan hasil lokakrya pengelolaan PSBG dan menyambut hibah tahap 2 dan 3 DBE2”.

Catatan akhir hasil kunjungan dan penilaian yang dilakukan oleh MTT Mamajang Kota Makassar periode bulan Juni sampai Agustus 2008, terungkap bahwa masih diperlukan upaya maksimal untuk mengaktifkan seluruh pengguna PSBG agar rajin berkunjung dan memanfaatkan PSBG sebagai sumber belajar yang efektif, tempat pertemuan, berproduksi dan pengembangan profesi terutama guru dan kepala sekolah, melalui pemasyarakatan dan sosialisasi yang intensif,termasuk penyebarluasan informasi keberadaan Telkomnet Speedy yang dapat menjelajah dunia maya menemukan berbagai sumber dan bahan ajar dan diaplikasikan dalam dunia nyata di kelas atau di sekolah.

Walau PSBG Karya Mandiri Guru telah terkoneksi dengan internet bukan berati pengurusnya besar kepala, namun menjadikan spirit untuk mengelolah PSBG agar sesuai dengan fungsi dan tujuan dari program DBE 2. Semoga langkah maju ini dapat diikuti dengan peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Kita tunggu hasilnya.

Suasana Pertemuan Rutin Pengurus PSBG Karya Mandiri Guru dan Pengguna PSBG

Suasana Pertemuan Rutin Pengurus PSBG Karya Mandiri Guru dan Pengguna PSBG

“Selamat bekerja dan berkarya untuk kemajuan bangsa!”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: