Geliat Pembelajaran IPA Efektif di SD dan MI Kab.Blora

dscf12741

       Tim MIT berpose dengan Ketua PSBG Dwarawati , Ibu Windrati,S.Pd.

Tim MAT-B yang bertugas di Blora dengan segala kesibukan pada Dinas Instansi masing-masing berupaya untuk meluangkan waktu melaksanakan tugas dalam rangka kegiatan PTS, KKKS, KKG sampai dengan BPS di gugus Dwarawati Kec. Blora dan gugus Borobudur Kec. Banjarejo. Betapa tidak… kegiatan yang dilaksanakan di Blora benar-benar menyita waktu… Bapak Parmin yang sehari-hari mengajar di UNNES harus meluangkan waktu untuk kegiatan tersebut, begitu pula saya Hadi Purwanto (penulis) harus meninggalkan kantor untuk tugas mulia dalam rangka peningkatan proses pembelajaran IPA efektif teman-teman guru di Blora, begitu pula Bapak Jumadi observer yang tak mau ketinggalan harus mendapatkan dispensasi untuk meninggalkan UMS beberapa hari juga demi teman-teman guru di Blora. Tidak kalah pentingnya kepala suku Kami Bapak Heru Winarno dengan kesabaranya yang selalu mendukung kami dalam melaksanakan kegiatan.

dscf1530
Kami mencoba melakukan analisis terhadap perkembangan pembelajaran IPA efektif dari waktu ke waktu, mulai PTS, KKG I ,KKG II ,BPS I dan BPS II dari kegiatan pertama sampai kegiatan berikutnya, dari bulan Januari sampai awal bulan April 2009 ….ternyata ada perkembangan yang begitu

Bpk.Hadi Purwanto,M.Ag.

signifikan terhadap Bapak/Ibu guru yang melakukan proses pembelajaran IPA efektif….selain itu kami mencoba melihat dan mengamati teman-teman guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang ada di gugus Dwarawati dan Borobudur… Kami selama BPS mencoba mendampingi teman-teman guru yang melakukan proses pembelajaran efektif yang ada di SD dan MI…
Ternyata pengorbanan waktu, tenaga, pikiran untuk kegiatan PTS, KKKS, KKG, sampai BPS ternyata tidak sia-sia,..bagaimana tidak…Kami merasa terharu dan bangga dengan teman-teman guru di Blora dengan persiapan pembelajaran yang dilakukan mulai dari menyusun silabus, RPP, LKS, mempersiapkan alat peraga walaupun murah tapi benar-benar menarik bagi siswa dalam proses pembelajaran…kemudian action guru dalam pembelajaran…proses siswa melaksanakan kegiatan dengan panduan LKS…ternyata kegiatan pelatihan yang dilaksanakan ternyata tidak sia-sia… hal ini terbukti setelah dilaksanakan BPS…
“Pikir-pikir saya malu lho..!”.habis waktu proses pengenalan mau menyusun draf pelatihan saya pernah protes kalau tidak salah begini: “apa draf yang mau kita susun dan kita latihkan akan berpangaruh secara signifikan pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru di SD/MI..?.Saya merasa tidak yakin karena ….waktu TOT di Salatiga , Bapak Narto membantah apa yang saya sampaikan… e… ternyata salah dugaan saya….”Maaf Pak Narto..!”.mungkin tidak akan ada habisnya kalau keberhasilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA efektif di Blora saya ungkap satu persatu dalam tulisan ini…hanya ada satu kalimat yang dapat saya sampaikan… Selamat kepada Bapak Ibu guru di gugus Dwarawati dan Borobudur Semoga pembelajaran IPA efektif berjalan terus dan semakin baik dimasa-masa yang akan datang….
Blora, 28 Maret 2009

Di tulis : Hadi Purwanto,M.Ag. ( MIT-Pembelajaran IPA Efektif ,Kab.Blora . Jawa – Tengah)

Satu Tanggapan

  1. “Assalamuallaikum, Pak.Parmin dan Pak Djumadi !” Mana hayo…..!!! janji posting panjenengan ?
    Semua Tim Blora menunggu lho !” Atau lagi sibuk merevisi Modul Pembelajaran IPA Aktif kemarin ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: