Dosen Elektronika Bangun Kelas Online

Workshop Program Pengembangan Elearning Prodi Elektronika FT UNM – DBE2 USAID Sulsel

PC DBE2 Usaid SulselPembelajaran online tak mengenal usia. Tua muda bisa menggunakan teknologi untuk belajar. Pesan ini mengemuka dalam testimoni Provincial Coordinator DBE 2 USAID Sulawesi Selatan, David Ehrmann, dan ibunya, Barbara Ehrmann, di acara pembukaan Workshop Pengembangan E-Learning Program Pendidikan Teknik Elektronika UNM bekerjasama dengan DBE2 USAID Sul-Sel, Selasa, 26 Januari 2011, di ruang Microteaching, Jurusan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, UNM.

Dengan fasilitas Skype, Barbara Ehrmann, warga New Jersey  Amerika Serikat, memaparkan pengalamannya berkomunikasi dengan anaknya. Awalnya ia enggan untuk belajar, tapi dengan dorongan dan dukungan anak-anaknya, ia kini bisa menggunakan komputer dan berkomunikasi via Skype dan fasilitas internet lainnya.

Workshop yang dibuka oleh PR IV UNM ini diikuti 20 dosen Elektronika. Jurusan Elektronika membuat terobosan baru dengan merancang kelas e-learning. Dalam  workshop dosen Elektronika mendesain perkuliahan mereka dalam kelas online sebagai salah satu model pembelajaran di jurusan tersebut. Workshop yang digelar atas kerjasama dengan ICT DBE 2 USAID Sul-Sel ini memandu dosen Elektronika  untuk mengembangkan kelas online semester genap di e-learning UNM; http://elearning.unm.ac.id . Selain dosen elektronika, workshop dihadiri Provincial Coordinator DBE 2 USAID Sul-Sel David Ehrmann, ICT Coordinator Mustamin Tewa, ICT Assistant Muhammad Riska dan Nur Najmi, District Learning Coordinator Sabri, dan Communication Coordinator Ina Rahlina.

Acara Pembukaan‘’E-learning bukan utama, tapi cuma pelengkap untuk memperkaya ilmu anak  didik,’’ ujar Pembantu Rektor IV UNM, Dr. Nurdin Noni, M.Hum  di hadapan peserta workshop. Lebih jauh beliau  memberi apresiasi kepada Jurusan Teknik Elektronika yang secara kelembagaan telah memulai kelas online dan jadi pelopor di UNM. Ke depan, Nurdin mengaku pemanfaatan teknologi informasi (IT) bukan hal yang tabu. IT akan dikuasai oleh semua orang  dan akan menjadi candu bagi penikmatnya, semakin didekati orang semakin ketagihan. UNM sendiri pada tahun 2011 ini mendorong pengembangan IT di kampus.  Pemerintah pusat rencananya akan mengucurkan dana sekitar Rp 15 milyar untuk pengembangan IT di UNM.  ‘’Sebagian dari anggaran itu untuk pengadaan sofware dan hardware,’’ ujar Nurdin. Diakui, kelas online ini merupakan salah satu upaya UNM menuju World Class University. World Class University ini merupakan tujuan jangka panjang. Untuk mencapai hal tersebut, UNM harus melalui beberapa tahapan, salah satunya memenuhi kriteria ICT. Ketua Jurusan Elektronika Dr. Ir. H. Ilham Thaief, MM mengungkapkan, kelas khusus online ini akan diikuti semua dosen untuk mata kuliah semester genap, Februari-Mei 2011. Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Ir A. Idham, MM, berharap workshop ini bisa jadi pilot e-learning di UNM dan akan menyusul kegiatan-kegiatan serupa khususnya di Fakultas Teknik. Dengan model e-learning pembelajaran bisa dilakukan dimana saja.

Ketua Panitia Workshop,  Drs. Sabran, M.Pd, menuturkan dalam workshop ini DBE 2 USAID mendampingi dosen dalam membangun komitmen  untuk pengembangan e-learning. Dosen-dosen dipandu untuk menggunakan ptk-online.org sebagai tempat berlatih untuk membangun kelas online. Hasil dari kelas ini akan dipindahkan ke e-learning UNM; http://elearning.unm.ac.id sebagai bentuk implementasi kelas online. Sedikitnya 19  mata kuliah di Jurusan Elektronika UNM akan masuk dalam kelas online ini.

Simulasi OnlineDBE 2 USAID Sul-Sel sendiri sejauh ini telah mengembangkan Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) di dua kabupaten binaan; Jeneponto dan Pangkep, bernama DE Pilot 1.  Di program ini, guru dipandu menggunakan ICT terbatas dalam pembelajaran di kelas. Sementara untuk kelas dosen yang dibangun dalam program DE Pilot 2, dosen universitas mitra, UNM dan Unismuh dipandu membangun kelas E-Learning untuk mata kuliah masing-masing. Wokshop Pengembangan E-learning Jurusan Elektronika UNM merupakan salah satu tindaklanjut dari program DE Pilot 2 yang telah digelar sebelumnya.

Pasca workshop dosen-dosen Elektronika akan dipandu oleh ICT Team DBE 2 Sul-Sel untuk membangun kelas masing-masing selama satu semester. Setiap dosen akan dipandu membuat kelas online yang baik, berkenalan ptk-online.org, menggunakan aplikasi moodle, mamanage kelas online, teknik membangun diskusi di dunia maya, mendigitalkan bahan kuliah, mengunggah materi perkuliahan, dan model penilaian online.

Satu Tanggapan

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Muhammad Riska, Muhammad Riska. Muhammad Riska said: Keltronika FT UNM — https://apakabarpsbg.wordpress.com/2011/01/27/dosen-elektronika-bangun-kelas-online/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: