Kerjasama dengan PT. Telkom, PSBG Saiyo Sakato Gelar Pelatihan Internet

Peserta Pelatihan Internet sebaga sumber belajar di PSBG Saiyo Sakato 17 Maret 2009

Peserta Pelatihan Internet sebaga sumber belajar di PSBG Saiyo Sakato 17 Maret 2009

Untuk kedua kalinya, Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) Saiyo Sakato di SDN 081232 Sibolga Kota kembali menjalin kerjasama dengan Kantor Cabang PT Telkom Sibolga dengan melaksanakan pelatihan internet bagi guru tanggal 17-19 Maret 2009. Sebelumnya, pelatihan serupa dilakukan di tempat yang sama pada bulan November 2008.

Pelatihan kali ini dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan Kota Sibolga Drs. Rustam Manalu, Kepala SDN 081232 Bapak Sukri Hutagalung SPd, Kepala PSBG Saiyo Sakato Bapak Satino. Acara ini juga dihadiri Kepala Cabang PT. Telkom Sibolga Jovi Tambunan dengan menghadirkan tiga instruktur dari Telkom. Pada saat yang bersamaan, Deputy Director USAID Arturo Costa dan Ibu Pudjiastuti sedang mengadakan monitoring dan evaluasi di SDN 081232 dan mereka menyempatkan waktu melihat pelatihan tersebut.

Kadis Pendidikan Kota Sibolga yang membuka pelatihan mengatakan, seiring era globalisasi, penguasaan teknologi dan informasi sangatlah penting. Karena itu, Dinas Pendidikan merasa berterima kasih kepada USAID DBE 2 atas adanya fasilitas komputer dan notebook yang disediakan di PSBG Saiyo Sakato. Adanya fasilitas di PSBG memudahkan kerjasama pelatihan dengan PT Telkom. “Penguasaan intenet bagi guru sangatlah penting saat ini karena sebagaian fungsi internet sudah mengantikan fungsi surat. Kepada para guru saya mengharapkan agar memanfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan. Jangan sampai nanti murid lebih pintar dari guru dalam penguasaan TIK,” pesan Kadis.

Menurut Kadis, hal yang paling penting disyukuri adalah adanya bantuan dari USAID. Dengan adanya bantuan ini, maka niat dan dorongan guru untuk menguasai interent dapat menjadi kenyataan. “Kalau niat tinggi, tetapi fasilitas tidak ada. Itu juga mustahil dilakukan. Jadi kita harus berterima kasih kepada bantuan USAID melalui From American People yang dilaksanakan melalui DBE 2,” katanya lagi.

Pada kesempatan itu, kadis juga menjelaskan bahwa sekolah-sekolah binaan DBE 2 mengalami perubahan ke arah yang positif karena penerapan belajar aktif. Menurutnya, ruang kelas sekolah binaan DBE 2 tidak ada lagi yang kosong. Semua ruang kelas diisi dengan pajangan, portofolio, sudut alat peraga sehingga mendorong kesuksesan belajar dan mengajar. “Ini yang selalu saya tekankan kepada sekolah lain agar meniru sekolah-sekolah DBE 2 agar mutu pendidikan di Kota kita ini semakin meningkat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Telkom Sibolga Jovi Tambunan mengatakan, kerjasama pelatihan internet dengan DBE 2 Sumatera Utara ini merupakan salah satu program Telkom yang dinamakan “Sumatra Kreativitas Digital.” Program ini mendukung upaya memasyarakatkan penyampaian informasi melului internet, termasuk mendukung upaya Dinas Pendidikan meningkatkan kemampuan guru menguasai teknologi informasi. “Jadi bapak/Ibu Guru tidak perlu pesimis dalam penguasaan teknologi ini. Di kantor PT Telkom kami juga menyediakan fasilitas Speedy Learning Center. Ibu bapak guru dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk belajar lebih memahami lagi. Tentu kita ingin murid lebih pintar daripada guru dalam penguasaan TIK,” ujarnya.

Pada Kesempatan yang sama, Deputy Director USAID Arturo Costa mengatakan dukungan atas kegiatan tersebut. Ia mengatakan dalam pertemuannya dengan unsur pemerintah, kegiatan dan program DBE 2 ternyata mendapat dukungan yang positif.

Dalam pelatihan tersebut, PT Telkom Cabang Sibolga menghadirkan tiga instruktur yakni Rizka Aulia, Tamba dan Sawaluddin. Kemudian, MTT DBE 2 Marudut dan Salmon Tambunan bertugas sebagai fasilitator. Jumlah peserta pada hari pertama 24 orang, hari kedua13, dan ketiga 26 orang. (ART)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga, Drs. Rustam Manalu sedang memberikan kata sambutan pada pelatihan Internet di PSBG Saiyo Sakato Sibolga Kota,

Satu Tanggapan

  1. kapan ya kita mengadakan seminar outbound calistung (cara cepat membaca, menulis dan menghitung dengan metode outbpund) asik lho… kami punya team yang solid…..target jelas dan mantaap….(0274) 6932552 / 0818260304

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: