Torehan Prestasi PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus

 

Gedung PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus

Gedung PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus

Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus berlokasi di SD N 1 Sidorekso. Penempatan lokasi PSBG tersebut sesuai dengan hasil kesepakatan 12 SD/MI rintisan DBE 2 dan Dinas terkait serta hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim DBE 2 Jawa Tengah. Ruangan PSBG menempati gedung perpustakaan milik SD N 1 Sidorekso dan berdampingan dengan gedung PKG (Pusat Kegiatan Guru) Gugus Ki Hajar Dewantara.

Kegiatan PSBG ini berawal dari workshop atau lokakarya pengenalan PSBG yang dilaksanakan pada sekitar bulan Januari 2007. Setelah lokakarya tersebut ternyata warga gugus belum secara maksimal memahami dan mengenal PSBG. Kegiatan PSBG saat itu masih belum tampak. Setelah hibah PSBG tahap ke-1 berupa starter kits (peraga MTK, IPA, IPS), buku-buku referensi pendidikan dan peralatan elektronika (TV, DVD player, Audio system, dan lain-lain) ditambah dengan workshop atau lokakarya pengurus PSBG se-Jawa Tengah di Semarang sedikit demi sedikit kegiatan PSBG menggeliat dan kinerja pengurus semakin meningkat. Warga gugus sepakat bahwa semua kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di gugus harus bertempat di PSBG. Kinerja PSBG dalam memenuhi 4 (empat) fungsinya yaitu; informasi, pertemuan, produksi, dan pengembangan profesi semakin terlihat nyata diantaranya; KKG & KKKS rutin terjadwal dan dilaksanakan, peer teaching, pembuatan APM, penyusunan silabus dan RPP dan lain-lain.

Setelah hibah PSBG tahap ke-2 berupa peralatan ICT  (Komputer, Laptop, Handycam, Digital kamera, dan lain-lain) kegiatan PSBG semakin bervariasi karena banyak dilakukan pelatihan-pelatihan yang menggunakan peralatan ICT, diantaranya; roll out Intel Teach, ICT Training, penggunaan alat ICT, Laporan Mutu Sekolah. Bahkan beberapa pelatihan dilaksanakan dari iuran swadaya warga gugus seperti; roll out intel teach dan ICT Training. Hasil pelatihan tersebut diaplikasikan oleh warga gugus di sekolah masing-masing. Beberapa produk hasil pelatihan tersebut diantaranya; multimedia pembelajaran, video pembelajaran, games pendidikan (Mc Jeopardy, Concentration, dan lain-lain). Bahkan tim ICT PSBG Ki Hajar Dewantara meraih Juara I (pertama) dalam Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran yang dilaksanakan oleh DBE 2 Jawa Tengah di Hotel Ciputra pada 20 – 22 Agustus 2008. Hasil prestasi tersebut memacu PSBG Ki Hajar Dewantara untuk meningkatkan kinerjanya melalui fungsi-fungsinya tersebut.

Untuk meningkatkan kinerja PSBG, DBE 2 Jawa Tengah mengadakan Lomba PSBG Award pada 3 – 7 November 2008. Untuk menyukseskan event tersebut PSBG Ki Hajar Dewantara berbenah untuk mengikuti lomba tersebut diantaranya; setting ruangan PSBG menjadi 4 fungsi, penambahan APM, penambahan multimedia pembelajaran, produksi buku pembelajaran, dan lain-lain. Ternyata, tidak sia-sia kerja keras tersebut karena PSBG Ki Hajar Dewantara menjadi salah satu nominasi PSBG unggulan di Jawa Tengah dan berhak maju ke PSBG Award Tingkat Nasional yang dilaksanakan di PUSDIKLAT Sawangan Depok pada 10 – 11 Desember 2008. Dalam event Penghargaan PSBG Tingkat Nasional tersebut PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus ditetapkan sebagai Juara II PSBG Terbaik Tingkat Jawa Tengah dan sekaligus juga menyabet penghargaan Juara II Lomba Pameran Stan APM Tingkat Nasional. Prestasi-prestasi yang telah diraih tersebut menambah motivasi pengurus PSBG untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan kinerjanya.

Beberapa waktu lalu PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus menjadi lokasi Pelatihan Nasional ICT Professiona Development yang dikuti oleh Tim ICT dari Provinsi-provinsi Binaan DBE 2 USAID. Sekarang juga sedang dirintis pemasangan jaringan internet di PSBG sebagai bentuk hibah tier ke-3 bantuan dari DBE 2 USAID. Pada MTT Coordination Meeting pada tanggal 18-19 Mei 2009 di LPMP Semarang, PSBG ini mendapat Penghargaan sebagai PSBG TERMANDIRI diantara PSBG-PSBG yang ada di Jawa Tengah sekaligus menyabet penghargaan PSBG Terbaik dari PSBG-PSBG kohort 1. Mudah-mudahan prestasi tersebut lebih memacu warga PSBG untuk meningkatkan kinerjanya.

Informasi perkembangan program-program DBE 2 di Kaliwungu Kudus dapat diakses di blog PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus http://psbgkihajardewantarakaliwungukudus.blogspot.com

Ditulis oleh : Ahmad Fadlli (LRC Kaliwungu Kudus)

6 Tanggapan

  1. Luar biasa… Guru-guru SD sudah bisa membuat blog? bagaimana caranya? semoga bisa menjadi teladan utk Guru-guru se-Indonesia. buktikan bahwa tunjangan profesi yang diberikan pemerintah tidak sia-sia. Maju terus Guru Indonesia…..

  2. Selamat kepada kawan-kawan di PSBG Ki Hajar Dewantara atas segudang prestasi yang telah diraih. Mudah-mudahan semakin semangat untuk mengukir prestasi yang lebih baik lagi. Sekali selamat Pak Fadlli, Pak Larto, Pak Waluyo, Pak Haji dkk…

  3. Selamat dan Sukses untuk PSBG Ki Hajar Dewantara Kudus. Bagi – bagi dong pengalaman dan ilmunya kepada PSBG-PSBG lain. Agar kita bisa maju bersama-sama menuju era pendidikan yang lebih baik.
    Kapan kita bisa study banding di PSBG panjenengan ? Kami benar-benar pengin ngangsu kawruh di Kudus lho !! “Kami tunggu balasannya ,Pak Fadli !!!!”

  4. Oke Bu Lilik. Kita tentunya ingin berbagi informasi dengan PSBG-PSBG lain. Saling belajar, silaturrahim. Mengambil pelajaran yang baik-baik dan menolak pengalaman yang tidak baik

  5. ulasan yang menarik
    salam hangat

  6. selamat untuk bpk dan ibu guru di SDN 1 Sidorekso.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: