7 Nilai yang diyakini bisa meningkatkan kinerja Tim gugus

Mr. David O'meara

Mr. David O'meara

Bagaimana cara kita bereaksi terhadap sesuatu peristiwa dipengaruhi oleh keyakinan yang kita pegang atau kita percayai. Contohnya, jika saya merasa tidak didukung atau dihargai oleh tim, saya mungkin akan melakukan sesuatu yang dapat mengurangi kesalahan saya.  Sebaliknya jika saya merasa demikian besar didukung oleh tim saya maka saya akan lebih berani dalam mengambil resiko demi tim saya. Berikut dijelaskan oleh David O’emara (PSEA DBE 2 Jakarta) tentang 7 hal yang dapat membangkitkan semangat tinggi untuk bekerja dalam sebuah tim.  Sesi ini disajikan dalam Field Staff Training (FST) DBE 2 Jawa Tengah baru-baru ini (12-16 Oktober 2008)

7 Nilai-nilai Tim yang Berkinerja Tinggi (TBT) / High Performing Teams (HPT) adalah:

1. Jelas dan dapat dipertanggungjawabkan

Setiap anggota tim percaya bahwa mereka masing-masing memiliki peran dan tanggungjawab yang jelas. Setiap anggota tim saling mengetahui di bidang apa mereka dapat diandalkan oleh anggota tim yang lain dan apa yang yang mereka andalkan dari anggota tim yang lain.

2. Kemampuan yang dapat dipercaya

Setiap anggota tim meyakini bahwa seluruh anggota tim saling percaya bahwa mereka mengetahui bagaimana melakukan tugas mereka tanpa harus diawasi.

Dalam sebuah tim multidispiliner, ini diartikan sebagai “saya tahu apa yang harus kamu kerjakan dan percaya kamu dapat mengerjakannya – bagaimana kamu mengerjakan itu adalah caramu sendiri”. 

3. Memberi dan menerima

 

Anggota tim percaya bahwa jika mereka memerlukan bantuan mereka dapat meminta pada anggota yang lain  dan bantuan itu akan tulus didapatkan dari anggota tim yang lain.

Mereka percaya bahwa dengan meminta bantuan, sebenarnya meningkatkan keberadaan diantara tim daripada dipermalukan.  Mereka juga percaya bahwa dalam kinerja tim sesuatu berarti kurang baik jika seseorang berusaha sendiri tidak melibatkan orang lain dan tidak meminta bantuan kerjasama orang lain, atau meminta bantuan tetapi diabaikan oleh tim. 

4. Transparan secara Total

Setiap anggota tim berharap dalam setiap isu-isu penting dalam tim meskipun tidak secara langsung berpengaruh pada mereka, setiap anggota tim selalu tetap saling jujur dan terbuka. Ini adalah bagian dari dinamika dimana setiap anggota tim percaya bahwa merekalah penentu tim sehingga mereka dapat berkontribusi melebihi fungsi khusus masing-masing.

Mereka juga percaya bahwa mereka dapat secara bebas mengatakan pendapat mereka tentang situasi tertentu yang tidak secara langsung menjadi tanggungjawab mereka dan pendapat ini harus dihormati dan didengarkan.

5. Berbagi Keberhasilan  (baca selengkapnya di sini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: