DBE2 Sumut Gelar Pelatihan Guru TK Menggunakan Program IAI dan Pembuatan APM

DBE2 Sumatera Utara bekerjasama dengan DBE2 Jakarta kembali mengelar pelatihan yang kedua untuk guru tk, kepala sekolah tk di Hotel Grand Antares Medan Senin- Selasa (12-13 /01).

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan pertama yang digelar di Medan tahun lalu, yang memperkenalkan program IAI dan cara mengajarkannya kepada anak-anak TK yang termasuk TK Mitra DBE2 di 7 Kabupaten / Kota di Sumatera Utara.

Peserta kali ini mewakili TK dari Tapanuli Selatan, TK dari Tapanuli Utara Cohort 2, TK dari Dairi serta TK dari Tanjung Balai serta Penatara Inti ( MTT) dari Cohort 2 ditambah MTT A dari 4 kabupaten/ kota di Sumatera Utara ditambah 6 orang tutor Univesitan Terbuka Medan . Tujuan dari pelatihan ini adalah mereview pengalaman dalam menggunakan program IAI dan mengumpulkan gagasan solusi atas tantangan yang dialami saat menggunakan program di Kelas, menggunakan materi ”Bermain di Negeri Ajaib” menggunakan kartu huruf dan kartu angka, menghidupkan cerita supaya anak tertarik dan membuat APM ( Alat Peragar Murah) untuk TK.

Salah seorang Peserta Makmur Hasibuan dari Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara yang ditemui di sela-sela pelatihan mengatakan bahwa pelatihan ini cukup menarik dimana materi yang diberikan para fasilitator cukup menarik dan mudah diterapkan dilapangan. Hasibuan berharap agar apa yang diperoleh oleh peserta di pelatihan yang kedua ini dapat di terapkan di TK yang menjadi binaan DBE 2 di daerah masing-masing imbunya.

Dari hasil pengamatan Salmon Tambunan selaku Contact Person TK Sumatera Utara selama pelatihan peserta membaur dengan peserta dari daerah yang lain sehingga tercipta kerjasama yang sangat cukup baik diantara peserta selama pelatihan. Dihari pertama Senin (12/01 ) peserta sangat aktif dalam mengeluarkan pendapat dan juga dalam diskusi yang diberikan fasilitator. Sementara pada hari kedua peserta membuat alat peraga murah membuat warna dengan bahan-bahan yang mudah didapat seperti menggambar buah –buahan yang berwarna, membuat puzzle, dan meronce. Peserta juga sangat terkesan dengan hasil pelatihan Guru TK ini, karena menambah kemampuan mereka dalam menggunakan program IAI di sekolah mereka masing-masing dan materi yang diberikan instruktur Octavia Mantik dan Denny Setiawan dari Jakarta sangat berkesan dan bermakna bagi peserta selaku pengajar anak-anak TK.

Diakhir Sesi pada hari kedua juga diperlombakan hasil karya peserta yaitu membuat alat peraga murah berdasarkan tema masing-masing kelompok dan pemenangnya adalah mobil pintar dimana didalamnya ada pengenalan huruf dan angka dan di desain lebih menarik.

Penulis berita : Salmon Tambunan
DLC Sibolga _ Tapanuli Utara Cohort 2
Intruktur Pelatihan IAI Deny Setiawan dan Octavia Mantik dari Jakarta sedang memberikan penilaian pada APM yang dibuat pada saat pelatihan 13/01/2009

6 Tanggapan

  1. minta kontak person jika kita mau adakan pelatihan di surabaya, makasih

  2. bagaimana kita dapat mengikuti program DBE2 ini di sekolah kami?kami juga punya sekolah TK islam.apa bisa kami mendapatkan program DBE2 ini agar sekolah kami juga bisa maju?

  3. kami beralamat di langkat sumatra utara.ingin memiliki pengetahuan dan memajukan pembelajaran tk lebih bagus lagi

    • Halo ibu Yati, terima kasih atas pertanyaannnya. Saat ini DBE2 ada menawarkan paket hibah melalui Dinas Pendidikan atau dari Depag dengan komitmen ada pengimbasan ke TK / RA di daerah kita. Kalau ibu mau jelas dapat menghubungi saya di : email : dbe2mdn_salmon@yahoo.com HP. 081162600 64 a/n Salmon

      Terima kasih saya juga udah ketemu dengan Ibu Erna Kusnita ketua IGTKI SUMUT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: