Maju Bersama DBE 2, Testimoni Guru di Propinsi Jawa Barat

Situasi di kelas MIS Pabean

Situasi di kelas MIS Pabean

“Dulu sebelum program DBE 2 ada, sekolah kami banyak tertinggal seperti administrasi dan minat orangtua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah ini rendah. Sejak ada program DBE 2, guru-guru mendapatkan pembinaan berupa pelatihan yang diselenggarakan di gugus (PSBG) sehingga sekolah ini mengalami kemajuan.” demikian kesan dari Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Swasta Pabean, Drs. Samsudin yang memiliki visi sekolah yakni membentuk manusia seutuhnya, cerdas, terampil, bertakwa dan berakhlak mulia.

“Alhamdulillah, setelah sekolah ini menjadi binaan DBE 2, perubahan memang tampak nyata. Dulu, sekolah ini fasilitasnya minim dan kurang dukungan. Sekarang, sekolah sudah tertata dengan baik dan jumlah muridnya bertambah.” kata Hj. Mariah selaku MTT yang menunjukkan grafik jumlah siswa yang sekarang sudah mencapai 139 siswa dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di madrasah ini telah direncanakan pula penyediaan Lab Komputer dan Perpustakaan yang mendapatkan dukungan dari Dinas setempat.

Kinerja guru mengalami peningkatan meskipun hanya satu guru saja yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun hal ini tidak menyurutkan niat guru untuk memajukan sekolah yang jaraknya mencapai beberapa kilometer menuju jalan raya. Salah satunya, Jamaksri yang mengajar Bahasa Inggris di sekolah ini. Sebagai Master Trainer dari pelatihan Intel Teach, kini beliau telah mampu mengajarkan siswa melalui media komputer. Suasana kelas pun terasa menyenangkan karena siswa dapat belajar bahasa inggris sekaligus komputer.

Minat dan antusias siswa pun terasa sekali dalam setiap kelas. Guru pun berupaya menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam setiap pembelajaran. Hal ini nampak dalam pengelolaan kelas, tata administrasi dan teknik guru mengajar. Tak pelak lagi, prestasi pun diraih meski madrasah ini baru dibangun. Madrasah ini pernah meraih Prestasi Juara II ‘Kinerja guru dalam Pembelajaran’ se-Kota Cilegon berdasarkan penilaian Departemen Agama. Selain itu, MI Pabean adalah madrasah satu-satunya di Kota Cilegon yang sudah mendapatkan Akreditasi B dari Dinas Pendidikan Kota Cilegon. (AR)

Satu Tanggapan

  1. Saya berharap pendidikan di indonesia dapat maju…untuk memberikan pendidikan yang berkualitas pada generasi bangsa ini, tanpa terkecuali.

    salam kenal ya, berkunjung balik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: