Belajar dengan ICT Sungguh Mengasyikkan

PHTO0143

Ditulis oleh : Ahmad Fadlli (LRC Kaliwungu Kudus)

Selama ini peralatan Information, Communication and Tehnology (ICT) yang dalam istilah Indonesia disebut TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) diantaranya; Komputer (desktop), laptop (notebook), kamera digital, handycam (camcoder), dan printer sebatas digunakan untuk keperluan administrasi sekolah & guru serta untuk dokumentasi saja. ICT (TIK) belum masuk atau dimasukkan dalam mendukung ranah pembelajaran dalam arti mendukung proses pembelajaran aktif di dalam kelas.

DBE 2 melalui pelatihan DALI (Developing Active Learning using ICTs) datang untuk menintegrasikan peralatan ICT (TIK) tersebut dalam mendukung proses pembelajaran siswa aktif di kelas-kelas SD/MI rintisan DBE 2. Warga gugus Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus berpartisipasi mengikuti roll out DALI yang difasilitasi oleh DBE 2 Jawa Tengah. Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap dan setiap tahap berlangsung selama 3 (tiga) hari. Roll out DALI ke-1 pada 16 s/d 18 Desember 2008, DALI ke-2 pada 15 s/d 17 April 2009 sedangkan DALI ke-3 pada 30 April s/d 2 Mei 2009 bertempat di PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus.

Setiap SD/MI rintisan DBE 2 mengirimkan peserta yang terdiri dari 2 (dua) orang guru. Peserta dibekali berbagai ketrampilan-ketrampilan praktis penggunaan peralatan ICT (TIK) oleh para fasilitator yang terdiri dari; ICT Team DBE 2, DLC, LRC, MTT, dan ICT Person. Materi-materi yang dikupas tuntas dalam DALI antara lain; Kemampuan penggunaan computer dalam Tantangan Komputer, pembuatan iklan digital dalam advertising activity, pembelajaran aktif dengan ICT (TIK); Komunitasku dan Museum Digital, serta Pembelajaran Aktif dengan Satu Komputer; Jeopardy dan Consentration.

Juga tidak kalah pentingnya fasilitator mengujicobakan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah berintegrasi dengan ICT (TIK). Para guru sangat menikmati pelatihan tersebut dan sangat enjoy dalam melaksanakan setiap tugas per-sesinya karena merupakan pengalaman yang sangat berharga jarang-jarang dapat mengikuti pelatihan dengan materi-materi yang up to date dengan perkembangan zaman. Ditambah lagi dengan para fasilitator yang sangat enerjik dan tidak kenal lelah dalam membantu peserta memahami materi DALI. Terjadi kompetisi yang sangat ketat dalam setiap sesi materinya, karena di hari terakhir akan diumumkan the best of competition dari setiap materi DALI tersebut.

Setelah pelatihan diharapkan peserta dapat mengaplikasikan materi pelatihan tersebut di kelas dan sekolah masing-masing. Sebagai tagihan pelatihan peserta diharapkan menyusun RPP berbasis ICT (TIK) sebagai syarat untuk memperoleh sertifikat atau piagam bukti keikutsertaan dalam pelatihan DALI tersebut.

Harapan selanjutnya, semoga RPP DALI menjadi salah satu alternatif pilhan guru dalam mengembangkan proses pembelajaran aktif di kelas mereka masing-masing. Serta tujuan jangka panjangnya dapat meningkatkan mutu atau kualitas pembelajaran di gugus Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus.

2 Tanggapan

  1. Waah oke banget Pak Fadlli. Pasti tersengat oleh MTT Meeting kemarin he he. Oh ya mohon kerja sama nya untuk melakukan pendampingan ke sekolah-sekolah binaan, barangkali ada guru-guru yang tertarik mengimplementasikan model-model DALI di kelas. Kebetulan saya sering komunikasi via HP dengan rekan-rekan guru di Kaliwungu. Mereka begitu antusias, eman kalau gak terfasilitasi. Terima kasih atas kerja sama yang baik

  2. Betul Mas Aflah… Memang kadang-kadang kita perlu sengatan-sengatan biar tetap sehat he.. he.. he.. Beberapa guru di Kaliwungu sudah mengajukan permohonan pinjam Laptop dan LCD untuk praktik pembelajaran berbasis ICT di kelas sekaligus minta untuk didampingi dalam implementasi model-model DALI di sekolah. Mohon dukungan selalu untuk Tim ICT DBE 2 Jawa Tengah. Bravo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: