Alat Peraga Murah : Menara Keberhasilan Matematika

Bambang Tirto Widjojo, S.Pd Mendemokan Menara Keberhasilan Matematika

Bambang Tirto Widjojo, S.Pd Mendemokan Menara Keberhasilan Matematika

Sedati, selama ini banyak murid yang beranggapan bahwa mata pelajaran matematika adalah momok yang menakutkan. Tetapi untuk saat ini, hal itu tidak perlu ditakutkan lagi.

Bapak Bambang Tirto Widjojo, S.Pd, seorang guru matematika SD Negeri Sedatigede II telah menemukan inovasi baru untuk memberi semangat bagi siswa-siswinya dalam belajar matematika.

Proses pembelajaran matematika tak semudah membalik telapak tangan, seringkali kendala utama yang dialami siswa adalah tidak adanya semangat untuk belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal dalam mengaplikasikan rumus matematika, sehingga mereka merasa sangat kesulitan.

Dari fenomena yang terjadi ini, Bapak Bambang Tirto Widjojo, S.Pd membuat menara keberhasilan matematika, untuk memberi semangat dan motivasi bagi siswa-siswinya.

Menara Keberhasilan Matematika terbuat dari rangkaian kayu tabung yang dikaitkan dengan simpul-simpul benang menjadi sebuah bentuk menara segitiga. Salah satu komponen dalam menara tersebut, terdapat tangga keberhasilan. Dimana setiap anak tangga terdapat tingkatan soal yang diberikan kepada siswa, dari yang paling mudah sampai pada tingkatan soal yang paling sulit. Untuk mencapai puncak keberhasilan, siswa harus melaluinya dengan tes (syarat kecakapan umum) pada setiap anak tangga tersebut, dengan mengerjakan soal-soal dari masing-masing anak tangga.

Inspirasi pembuatan menara keberhasilan matematika ini mengadopsi dari kegiatan pendidikan kepramukaan.

Iklan

6 Tanggapan

  1. salut buat pak Bambang Sedati yang selalu kreatif na inofatif

  2. Saya sangat bangga dengan Pak Bambang selaku guru Matematika yang menciptakan trik atau metode bagaimana mata pelajaran yang sangat tidak disukai atau ditakuti hampir 80 % oleh murid – murid menjadi suka.

  3. alat praga murah yang diperlihatkan dapat memotivasi siswa belajar, dan bersaing mencapai puncak keberhasilan. Yang mahal adalah ide-nya.
    Sakedahna Pa guru mah motekar !

  4. pak, dari bapak saya dapat inspirasi untuk membuat alat peraga serupa . . untuk tugas kuliah yg berkaitan dengan media pembelajaran, makasih ya bapak . . .
    salut untuk bapak . . .
    maaf pak, saya bukan menjiplak, hanya menjadikan ide bapak sebagai acuan . . .
    makasih bapak . . .

  5. PAK BAMBANG TIRTO WIDJAJA adalah guru kelas 5saya.Sekarang saya sudah kelas 6.Saya sangat berterima kasih kepada pak Bambang

  6. siiip….hebat bossss…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: