Dinas Pendidikan Kota Sibolga dan DBE2 Sumatera Utara Gelar Pelatihan Tim Sekolah Paket Dasar

Program DBE2 di perluas di 11 SD/MI di kota Sibolga

(Sibolga, APAKABAR PSBG) Pelatihan Tim Sekolah di adakan selama 2 hari Senin (11/08), Selasa (12/08) di SD Negeri 081232 Jl. Datuk Hitam No. 33 Sibolga. Pelatihan yang diikuti perwakilan 1 orang Kepala Sekolah, 1 Komite sekolah dan 3 orang guru dari 11 sekolah perluasan program DBE2 ( Decentralized Basic Education Two) = Pendidikan Dasar yang terdesentralisasi komponen 2 . Ke-11 SD/MI perluasan program DBE2 ; SDN 084088, SDN 084085, SDN 084 084, SDN 081237, SDN 081 238, SDN 081 235, SDN 084 095, MIN AEK HABIL, SDS HKBP, SDN 081236, SDN 087 695.

Pada acara pembukaan Drs. Jonson Sihombing Kasi DikJar mengatakan pada acara pembukaan bahwa kegiaan pelatihan Tim Sekolah terselenggara berkat kerjasama DBE2 Sumatera Utara dengan Pemerintah Kota Sibolga dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Sibolga sebab 10 sekolah binaan DBE2 di gugus Sibolga Kota dan 10 sekolah binaan di gugus Sibolga Selatan yang telah menunjukkan perubahan ujar Sihombing.

Sementara itu Salmon Tambunan, S.Pd dalam kata sambutannya mewakili DBE2 Sumatera Utara pada acara pembukaan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan yang telah memperluas program DBE2 menambah 11 sekolah SD/MI di Kota Sibolga yang merupakan perluasan dari Program DBE2 yang dikenal dengan Program Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ( PAKEM).

Tim Instruktur dalam pelatihan ini terdiri dari Dinas Pendidikan Kota Sibolga Muh. Yazid, S.Pd dan Hj. Subiarti keduanya adalah Kepala Sekolah dan Pengawas. Dari DBE2 terdiri dari Salmon Tambunan S.Pd, Kordinator DBE2 Sibolga – Tapanuli Utara, Mimbar Tampubolon Penatar Inti dari Gugus Tarutung, Ahmad Jais, Penatar Inti dari Gugus Tanjung Balai Selatan, Marudut Sihombing, Penatar PSBG serta Jansen Ompusunggu , Penatar dari Gugus Sibolga Kota.

Marudut Sihombing menyampaikan kepada peserta bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah para guru akan diharapkan mampu untuk merencanakan secara efektif kegiatan PAKEM, menggunakan berbagai strategi pengajaran PAKEM,menciptakan lingkungan kelas yangmenyenangkan.

Guru melakukan pemanfaan lingkungan sebagai sumber belajar

Materi-materi yang disampaikan pada pelatihan ini meliputi Apa dan mengapa Pakem,Silabus Kelas Awal dan Silabus Kelas Tinggi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran( RPP) kelas awal dan RPP kelas tinggi, Kelas bernuansa PAKEM dan pemanfaatan Lingkungan sebagaisumber belajar, Simulasi Pembelajaran Kelas Awal dan Kelas tinggi serta Rencana tindaklanjut dari pelatihan ini.

Pada acara penutupan Bungaran Panjaitan mewakili peserta menyampaikan kesan dan pesan bahwa pelatihan yang diselenggarakan menambah hal baru yang nantinya dapat diterapkan di kelas, ia berpesan agar pelatihan ini berkelanjutan ujarnya. Pelatihan Tim Sekolah Paket Dasar resmi ditutup oleh Dinas Pendidikan Kota Sibolga yang diwakili Bakara didampingi Drs. Jhonson Sihombing Kasi DIKJAR Kota Sibolga..

Ditulis oleh : Salmon Tambunan ( DLC SIBOLGA- TAPUT C2)

Satu Tanggapan

  1. Semoga Pelatihan Tim Sekolah, memberina hasil yang maksimal untuk pembangunan Kota Sibolga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: